Friday 28 October 2016

11 Gejala Demam Berdarah Pada Bayi dan Pertolongan Pertama

pandorajewelrysale-discount.blogspot.co.id - Demam Berdarah Dengue atau disingkat DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegipty atau Aedes albopictus berkelamin betina. Nyamuk berkaki belang-belang putih ini menggigit manusia di siang hari.

Virus dengue terdiri berasal dari empat type (strain), yaitu dengue type 1, 2, 3 dan 4. Namun type yang dominan di Indonesia adalah type 3. Virus dengue membawa dampak problem pada pembuluh darah kapiler dan sistem pembekuan darah supaya membawa dampak perdarahan, bisa mengakibatkan kematian.

Biasanya, penyakit gejala demam berdarah pada bayi mewabah kala perubahan musim berasal dari musim penghujan ke musim kemarau atau sebaliknya.

Gejala penyakit DBD hingga saat ini sesungguhnya tidak terduga. Namun secara umum, penyakit ini memiliki ciri layaknya panas tinggi, pusing, apalagi muntah darah. Namun sayangnya, tanda-tanda yang serupa kerap ditemukan pada penyakit lain. Akibatnya, hingga saat ini kerap berjalan keliru diagnosis. Oleh sebab itu, Anda kudu lebih berhati-hati dan mengetahui tanda-tanda lainnya.

Gejala Demam Berdarah Dengue

  1. Mendadak panas tinggi sepanjang 2 - 7 hari, terlihat lemah lesu suhu badan antara 38ºC hingga 40ºC atau lebih.
  2. Tampak binti-bintik merah pada kulit dan terkecuali kulit direnggangkan bintik merah itu tidak hilang.
  3. Kadang-kadang perdarahan di hidung ( mimisan).
  4. Mungkin berjalan muntah darah atau berak darah
  5. Tes Torniquet positif
  6. Adanya perdarahan yang petekia, akimosis atau purpura
  7. Kadang-kadang nyeri ulu hati, sebab berjalan perdarahan di lumbung
  8. Bila sudah parah, penderita gelisah, ujung tangan dan kaki dingin Berkeringat Perdarahan selaput lendir mukosa, alat cerna gastrointestinal, tempat suntikan atau ditempat lainnya
  9. Hematemesis atau melena
  10. Trombositopenia ( =100.000 per mm3)
  11. Pembesaran plasma yang erathubungannya dengan kenaikan permeabilitas dinding pembuluh darah, yang ditandai dengan timbulnya satu atau lebih dari:

Kenaikan nilai 20% hematokrit atau lebih tergantung usia dan type kelamin
Menurunnya nilai hematokrit berasal dari nilai dasar 20 persen atau lebih setelah pengobatan
Tanda-tanda pembesaran plasma yaitu efusi pleura, asites, hipo -proteinaemia

Pertolongan Pertama Penderita Demam Berdarah

Dr Rita menjelaskan di dalam menanggulangi kasus demam berdarah cuma kudu bermain dengan cairan, waktu berjalan kebocoran kudu banyak minum, namun waktu kebocorannya sudah selesai maka di dalam waktu 2×24 jam asupan cairan kudu dikurangi.

Berikut ini beberapa perihal yang bisa ditunaikan sebagai wujud pertolongan pertama pada penderita demam berdarah yaitu:

  1. Memberikan minum sebanyak mungkin.
  2. Kompres supaya panasnya turun.
  3. Memberikan obat penurun panas.
Jika di dalam waktu 3 hari demam tidak turun atau malah naik segera bawa ke rumah sakit atau puskesmas.

Jika tidak bisa minum atau muntah terus menerus, kondiai makin tambah parah, kesadaran menurun atau hilang maka kudu dirawat di rumah sakit.

No comments:

Post a Comment